name="description" content="Personal Blog of Ary Prastiya Anjasmara">
.

Pengertian ROOT STEM dan BASE




HAPPY BLOGGING - Halo teman teman semua selamat ber aktivitas . Kali ini saya akan menjelaskan ulang apa yang udah saya dapatkan dari bu dosen hari ini nama dosennya Bu Sy*h*r* . Mungkin bagi teman teman sekelas saya yang kurang paham silakan dibaca  ya . Oke , kali ini akan saya jelaskan sesuai dengan pemahaman saya tentang tiga hal yaitu ROOT , STEM dan  BASE . Penjelasan di bawah ini asli berdasarkan pemahaman saya , jika anda memberi kritik saya akan senang hati menerimanya

1. ROOT
Apa itu root ?? Mendengar kata root pasti terbayang dalam benak kita yaitu akar .. Tapi kita disini membahas kata bukan membahas tumbuhan . Untuk memahaminya langsung ke contoh saja

likes , dislike , disliked = like
penjelasan :  like adalah akar dari likes , dislike dan disliked 

Itu artinya root merupakaan bentuk asli suatu kata tanpa imbuhan apapun .

2. STEM
Steam merupakan suatu kata yang diberi imbuhan tertentu tapi tidak mengubah jenis kata itu . Misalnya root adalah kata benda maka steamnya harus kata benda , jika root kata sifat maka steam juga kata sifat .Berikut
contoh nya

friend = friends (benar)
penjelasan : friend adalah root yang berupa kata benda maka stemnya juga kata benda yaitu friends

friend = friendly (salah)
penjelasan : friend adalah kata benda sedangkan friendly adalah kata sifat jadi tidak sejenis

3. BASE
Semua root dan stem adalah base tapi tidak semua base bisa jadi root dan stem . contohnya

unfriendly  = friend / friendly / unfriend
penjelasan : base nya bis friend , friendly ataupun unfriend

>>>Contoh menentukan root dan stem dari suatu base , misalnya

Tentukan root dan steam dari kata UNTOUCHABLE !!!

Pembahasan :
root = touchable
stem = untouchable 
alasan : karena keduanya merupakan kata sifat , ingat ya root dan steam adalah kata yang jenisnya sama.

Sekian yang dapat saya jelaskan , bagaimana ? teman teman sudah pahan apa belum , jika kurang paham bisa ditanyakan kepada ahlinya .Tepat belajar terus ya , biar pinter dan kita semua jadi orang sukses amin .


Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
Ema Puspita
admin
March 8, 2016 at 6:04 PM ×

Makasih mas penjelasanya :)

Reply
avatar
March 14, 2021 at 11:21 PM ×

Terus ka kalau misalnya katanya cuma "pen" aja ga ada kata imbuhannya termasuknya tetap stem atau gimana?

Reply
avatar